top of page

Belajar Merayakan Keberhasilan Orang lain

Diperbarui: 5 Mar 2023

Mungkin pernah ada hari dimana kita merasa ingin mencapai keberhasilan yang sama seperti orang lain. Namun bukannya kamu merasa tidak bahagia dengan pencapaian mereka, tetapi kalian ingin bisa merasakan hal yang sama.


Kehidupan ini bukanlah hanya soal kita dan pencapaian-pencapaian dalam kehidupan kita. Maka dari itu penting bagi kita juga bisa belajar bagaimana kita bisa turut bahagia dengan keberhasilan orang lain, karena orang lain pun sama seperti kita, ingin mendapatkan dukungan dari kita. Begitu juga sebaliknya di saat kita berhasil, kita merasa bahagia dan berharap orang lain juga bisa merayakan kebahagiaan itu bersama kita.


Aku pernah mengalami pengalaman ketika ada orang-orang yang justru tidak suka dengan pencapaian yang saat itu aku capai. Saat itu aku hanya memperhatikan dan berpikir kemungkinan apa yang membuat hal itu terjadi.


Kenapa kita perlu ikut merayakan keberhasilan orang lain?


Kita gak pernah tau masa depan, suatu waktu di kemudian hari teman kita ataupun kita membutuhkan kita atau bahkan ternyata kita akan bersatu lagi di suatu kegiatan yang sama.


Pernah dengar kalau di kalangan orangtua, katanya networking itu salah satu cara rezeki bisa kita dapatkan melalui perantara orang yang kita kenal? Itu benar banget dan aku setuju, karena aku merasakannya berkali-kali. Contoh kecilnya aku pernah mendapatkan tawaran untuk menjadi moderator untuk sesuatu kegiatan melalui perantara temanku. Bisa disimpulkan bahwa relasi bisa membuka kesempatan-kesempatan kita yang lainnya.


Tidak hanya membuka pintu kesempatan untuk studi dan karir, tetapi ada juga karena relasi ada yang bertemu jodohnya. Who knows?


Bagaimana cara kita bisa belajar dan melatih diri kita untuk ikut merayakan keberhasilan orang lain?


1. Berpikir positif

Dengan positive thinking ini akan memudahkan kita lebih fokus kepada hal-hal yang positif. Bayangkan memiliki kenalan yang telah berhasil duluan juga menjadi kesempatan kita bisa belajar dengan teman kita. Kita bisa dekati mereka, saling memberikan support. Dengan environment dan mindset yang positif akan membantu kita untuk terus bertumbuh yang dimana hal itu sangat bagus untuk diri kita di masa sekarang dan masa depan.


Gak hanya cara pandang kita yang menjadi positif, berpikir positif juga memberikan banyak manfaat pada kesehatan fisik dan juga kesehatan mental.

 

2. Bersyukur

Definisi kesuksesan kita tidak harus memiliki pencapaian yang sama dengan orang lain baru kita menganggap diri kita sukses dan berhasil. Kalau kamu belum mendapatkan hal itu bukan berarti kamu gagal, kan?


Kita juga bisa merayakan keberhasilan-keberhasilan kecil yang sudah kita lakukan, sesimple kita sudah berproses dari yang awalnya kita tidak percaya diri dan takut ketika berbicara di depan umum, namun sekarang pelan-pelan sudah mulai berani menyampaikan pendapat dengan baik. You're doing great!


Terkadang kita berpikir ingin berada di posisi orang lain, tetapi mungkin saja ada orang lain yang ingin berada di posisimu sekarang juga. Maka dari itu kita bisa bersyukur dan menikmati proses yang sedang kita jalani sekarang.

 

3. Jadikan motivasi

Kita harus yakin bahwa setiap dari kita memiliki kisahnya masing-masing, jadi gak perlu sedih ataupun iri. Jadikan hal itu sebagai motivasi, jika dia bisa bermimpi dan akhirnya tercapai. Maka tidak ada yang tidak mungkin untuk mimpimu bisa tercapai juga.


Walau mungkin sebenarnya kamu sudah memulai perjalanan dan perjuangan lebih awal, kamu tidak perlu merasa rendah diri. Setiap bunga ada masanya untuk bermekaran, sama seperti kita.

 

Diakhir kita sekarang jadi punya gambaran, bahwa sebenarnya memiliki teman yang sudah berhasil duluan adalah opportunity bagi kita untuk bisa belajar langsung dengan mereka. Di zaman sekarang rasanya kita gak harus merasa tersaingi terus menerus, justru in some case kita bisa juga saling berkolaborasi dan saling mendukung satu sama lain.


Kalau kita ringkas, ini oleh-oleh yang aku bawakan buat kamu hari ini,

3 cara merayakan keberhasilan orang lain:

  • Berpikir positif

  • Bersyukur

  • Jadikan motivasi


Thanks for reading my blog today,

Kalau menurutmu hal ini bermanfaat, kamu bisa ikut membagikan tulisan ini ke orang-orang yang menurutmu mereka perlu baca juga.

86 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Subscribe

Thanks for submitting!

bottom of page