top of page

People Come and Go

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa di usia 20 tahunan kita akan sangat merasakan pertemanan kita yang semakin mengecil. Meskipun usiaku belum 20 tahun, tetapi semenjak beberapa waktu lalu aku sudah mulai sedikit demi sedikit merasakannya. Lalu aku mencoba mengikhlaskan orang-orang yang mungkin kurang menghargaiku dan aku merasa lebih baik ketika akhirnya aku mencoba menerima keadaan itu, karena ternyata pada akhirnya ada orang-orang yang sebelumnya mungkin belum kita kenal, ataupun sebelumnya kita sudah kenal tetapi tak sedekat dulu yang ternyata replace role teman-teman kita sebelumnya dalam kehidupan kita yang sekarang and it's totally fine.


Awalnya aku sempat agak khawatir jika suatu saat aku tidak bisa menemukan orang-orang yang bisa menjalin pertemanan yang dekat denganku seperti teman-temanku yang dulu kita bisa saling memberi dukungan, saling berbagi ide dan aspirasi, menjadi teman perjalanan kita untuk explore hal-hal baru dan yang menantang. Tetapi setelah aku mencoba living in this moment, aku melihat bahwa hal-hal baik dan manis itu sudah kita rasakan saat dulu, dulu kita bisa saling terkoneksi satu sama lain, namun sekarang tidak seperti dulu. Well, kamu sekarang sudah bertumbuh dan belajar banyak hal dalam kehidupanmu saat ini, begitu pun juga dengan mereka. Kamu akan selalu bertemu, dipersatukan dengan hal-hal yang sedang kamu jalani sekarang, mereka yang sama-sama memilih tujuan yang sama, mereka yang juga bisa saling berbagi mimpi bersamamu, mereka yang juga bisa menghiburmu di kala sedih.


Sejauh perjalanan kita saat ini, kita juga menyadari bahwa sebenarnya kita sudah merasakan people come and go sejak kecil, saat kita naik ke tingkat ke tingkatan dalam kehidupan dan juga dalam pendidikan kita yang dimana kita merasakan berada di lingkungan baru dan bertemu orang-orang baru. Tidak hanya mereka yang tidak lagi banyak kisah dan perjalanan bersama di kehidupan kita, namun juga diri kita yang tidak lagi dalam perjalanan mereka yang sekarang.


Hari ini bukanlah yang lalu, dan masa depan juga bukanlah hari ini. Kamu boleh merangkai masa depanmu, tetapi jangan lupa untuk memberikan hari ini dengan usahamu yang paling terbaik. Kamu boleh mengenang masa lalumu, tetapi jangan berlarut hidup mengenangnya di masa ini.

Mungkin awalnya akan terasa ada yang kurang ataupun berbeda ketika teman-teman kita mulai semakin meluas tetapi ternyata teman dekat kita tidak sebanyak itu. Mungkin dia yang dulu adalah sahabat kita, mungkin dia bukanlah yang cocok untuk menjadi rekan kerja kita, dia yang dulu sering menghabiskan waktu bersamamu belum tentu juga akan selamanya bersama. Kita semua didalam kehidupan ini memiliki cita-citanya masing-masing, tidak ada salahnya jika akhirnya sekarang kita butuh memiliki pertemanan yang juga berbeda dari yang sebelumnya untuk menemukan relevansi dan pilihan rute yang sama dengan kita.


Kita terus bergerak, mereka pun juga sama. Kita bertumbuh, mereka pun juga sama. Ketika pada akhirnya kita tak sedekat dulu, bukan berarti kamu tidak bisa menjalin hubungan pertemanan dengan baik dengan mereka. Karena aku pun masih tetap terhubung dengan beberapa teman dekatku yang mereka adalah teman di semasa sekolahku.


Yang bisa kamu pastikan adalah lingkungan terdekatmu yang sekarang adalah orang-orang yang dimana ketika kamu kembali ke mereka dan saling berbagi bersama bisa membuatmu mendapatkan energi yang lebih bertambah untuk membuatmu semakin bertumbuh, yang membuatmu lebih dekat untuk mencapai hal-hal yang ingin kamu capai.


Ingat bahwa, dulu mereka adalah orang-orang yang berada di kehidupanmu, mereka punya perannya untuk memberikan pengaruh dalam kehidupanmu. Mereka adalah salah satu cara kehidupan akhirnya membentukmu, mereka yang mungkin dulu ketika kamu mulai mempelajari hal baru dan dia datang untuk mendukungmu merealisasikan cita-cita itu bersama. Dia dan kita saat itu memiliki pilihan jalan yang sama, maka dari itu kita bertemu di perjalanan yang searah. Atau mungkin orang-orang yang dulu pernah sempat merendahkan kita, mungkin itu cara agar kamu akhirnya bisa bangkit dan sekuat yang sekarang.


Things happened in our lives for some reasons.


Hal-hal yang terjadi, pertemuan yang tak disengaja, perkenalan disaat berada di project yang sama, adalah hal yang tidak terjadi begitu saja. Kita selalu bisa mengambil lesson learned didalamnya, tinggal kita mau memilih untuk mencarinya atau tidak.


Relationship dengan manusia tidak harus membuatmu bergantung, seakan jika kita tidak lagi berteman dengan mereka kita akan merasa sendiri. Kehidupan ini selalu berputar dan kamu tak perlu khawatir. Just showing yourself, people will come together with people who have the same energy and purpose as them.


Karena setelah dipikir-pikir semakin dewasa kita semakin paham bahwa sesuatu hal terjadi dan datang di waktu yang tepat. Termasuk orang-orang yang datang didalam kehidupanmu. Teruslah melangkah, pergi kemana pun untuk mengeksplorasi dirimu, belajar dari orang-orang baru, dan percayalah kamu tidak sendiri. Kamu bisa memulai melakukan banyak aktivitas yang membuatmu semakin jauh lebih bertumbuh, melakukan hobimu, fokus dengan hal-hal yang bisa kamu kendalikan, kamu bisa mengikuti komunitas yang mungkin sekarang cocok dengan impianmu sekarang, dan stay connected to people yang kamu yakin dia bisa membawa hal-hal positif dalam kehidupanmu. Tak lupa juga untuk memberikan hal positif lainnya kepada mereka, karena dengan siapapun kita terhubung dengan orang lain bisa teman, keluarga, guru kita, orang-orang yang kita temui di jalanan kita juga perlu saling menghargai satu sama lain.


Karena untuk bertumbuh lebih jauh terkadang kita memang bisa melakukan perjalanannya dengan teman dekat kita yang dulu, tetapi tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa membuat langkahan besar dengan bertemu teman-teman baru dan merasakan lingkungan yang baru tanpa harus melupakan teman-teman lamamu.


Kalau aku rangkum tulisan ini untukmu, I'll say to you:

  1. Living in this moment

  2. Just focus on growing yourself

  3. Things always happened for something

  4. You'll find people who have the same route as you

  5. Leaving good memories or an impact on other people

Maka dari itu, yuk fokuskan masa sekarang untuk membangun diri kita. Jangan terlalu galau ataupun bersedih, karena seperti hujan yang tidak akan selamanya hujan. Semua ada masanya and we can try every part of our lives to be the best version of ourselves.




135 tampilan9 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Subscribe

Thanks for submitting!

bottom of page