top of page

Ini Alasanku Memiliki Mentor Itu Penting

Diperbarui: 18 Feb 2023

Kali ini kita akan membahas salah satu topik yang menurutku sangat menarik terutama untuk anak-anak muda yang mau untuk terus meningkatkan dirinya yaitu "Mentoring".


Kenapa mentoring? Menurutku singkatnya,

Mentoring: Salah satu caraku mengakselerasi diri

Apa mentoring?

Mentoring ini simplenya adalah dimana adanya seorang mentor dan juga mentee yang kalau kita bisa ambil konteks didalam lingkungan kampus mentor (dosen) dan mentee (mahasiswa). Namun dalam mentoring ini anggaplah kelas kita jauh lebih ekslusif dan intensif karena kita bukan hanya belajar dari ilmu dan pengalamannya aja. Tetapi kita juga belajar how we can accelarate our potential.


Nah sebelum masuk ke point-point yang ingin aku sampaikan kita mulai dengan cerita


Saat aku di boarding school, aku punya pandangan kalau yang butuh punya mentor hanya orang-orang yang mau membangun bisnis, namun saat pandemi sekolahku hampir full online yang dimana aku bisa mengeksplorasi banyak hal, jujur aku pernah sangat ambisius untuk belajar dari beragam webinar selama itu rasa aku butuh dan tidak sekadar ikut-ikutan.



Disaat pandemi itu aku sadar, bahwa kita gak harus hanya mau membangun bisnis baru memiliki mentor. Well, mentor itu tujuan utama yang aku dapatkan adalah:


  1. Tentang kita belajar pengalaman mereka agar bisa mengakselerasi potensi kita

  2. Bisa ngelewatin lubang-lubang jatuh yang dulu mentor pernah alami.



Aku pribadi punya mentor sekaligus coach yang sampai saat ini sangat bersyukur kenal dengan beliau, yaitu coach Arih Budi Utomo. Awal kenal dengan beliau di akhir 2020, karena aku mengikuti dua kali kelas yang beliau adakan. Maka dari titik itu aku mencoba reach-out ke beliau dan semakin kenal saat ada kegiatan internal di komunitas.


Dari beliau aku juga belajar tentang sharing knowledge ke orang lain. Beliau juga menyampaikan ke aku bahwa yang paling mahal adalah feedback. Selama aku belajar langsung dengan beliau, aku juga sangat menerima feedback dari beliau untuk aku jadikan evaluasi yang bisa aku pakai untuk meningkatkan skillku.


Disisi lain orangtua, keluarga kita pun bisa menjadi mentor kita. Terkadang kita tidak harus mencari yang jauh untuk dijadikan mentor agar bisa belajar dengan mereka.

Point selanjutnya ada point yang juga penting dari tujuan kita memiliki mentor. Mari aku ajak ke pengalamanku di tahun 2019, saat itu aku pernah mengajak 2 temanku untuk mengikuti seminar nasional yang diadakan di Universitas Indonesia oleh Big Indonesia. Hari itu aku dan kedua temanku bertemu dengan para CEO dari perusahaan-perusahaan yang sudah terkenal, salah satunya kami pernah bertemu dengan pak Sandiaga Salahuddin Uno Menparekref Indonesia. Salah satu pesan beliau yang aku masih ingat sampai sekarang. Beliau menyampaikan point,”The power of silaturahmi”.


Ada apa dengan power dari silaturahmi? singkatnya silaturahmi adalah networking yang kita bangun dengan baik bersama orang lain. Dengan kita menjalin hubungan baik dengan banyak orang itu juga sebenarnya membuka opportunities baru untuk diri kita.


Diakhir sekarang kita sekarang sudah sama-sama tau, kalau ternyata dengan memiliki mentor juga sangat membantu kita untuk membangun diri kita melalui ilmu yang kita dapat, menyadari potensi yang bisa kita maksimalkan, dan yang paling oke banget adalah koneksi yang menjadikan kita terhubung dengan orang-orang baru.


Gimana, kamu ingin mencoba langkahan ini juga?



80 tampilan4 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Subscribe

Thanks for submitting!

bottom of page