top of page

"The Best Year" itu bentuknya gimana?

Diperbarui: 31 Jan 2023

Aku rasa aku gak perlu bilang bahwa tahun ini adalah the best year, yang aku sadari justru


setiap tahun itu punya moment yang berbeda, yang di tahun ini ada belum tentu di tahun yang lain ada. So pasti selalu ada special moment, yang bisa jadi bentuknya adalah kesuksesan yang tertunda tapi disisi lain kita belajar banyak hal banget.

Karena setiap tahun bentuk pencapaian kita tidak selalu tentang kompetisi yang kita menangkan atau jabatan tinggi yang kita dapatkan. Karena pencapaian itu bentuknya beragam, aku ambil contoh pengalaman aku pribadi.


Di tahun 2020 saat masih full offline pencapaianku masih di ranah pencapaian sekolah seperti kompetisi yang aku ikuti. Namun di 2020 aku juga merasakan pencapaianku saat masa pandemi adalah aku memulai berkoneksi dengan beragam orang dan belajar hal baru. 2021 pencapaianku adalah tentang studiku, aku juga aktif sebagai content creator, dan diterima sebagai delegasi Istanbul Youth Summit 2022.


2022 pencapaianku adalah aku bisa bertemu offline dengan beberapa timku di komunitas BaekBarengan, bertemu coach Arih, pernah bekerjasama dengan Aaron sebagai PIC project AEonWa di kotaku, dan upgrade beberapa skillku yang lain.


Wait, tapi apakah hanya pencapaian saja yang aku rasakan dan hadapi? Tentu tidak, di 2021 dan 2022 aku perlu menunda untuk mengikuti IYS 2022, aku juga mengalami penolakan dari beasiswa yang aku daftarkan, dan yang kali ini lebih unik aku juga mengalami ketertundaan untuk pergi ke Bandung, Surabaya, Jakarta untuk bertemu dengan beberapa timku yang ternyata semua dari rencanaku untuk pergi kesana tetap tercapai di tahun yang sama di waktu yang berbeda dari rencanaku.


Sekarang kita coba berpikir ulang,

"Apakah kalau kita belum berhasil dalam sesuatu hal berarti kita gagal dan gak layak untuk mendapatkan hal tersebut? Aku pribadi lebih setuju mengatakan kita berhasil, kalau kita berusaha tetap optimis untuk melangkah lagi dan mengambil lesson learned dari pengalaman tersebut.


Maka dari itu, kita bisa coba mulai meyakini bahwa hal yang sebelumnya terjadi, meskipun itu bentuknya adalah hal yang membuat kita jatuh ataupun kesuksesan sekalipun semuanya memiliki makna masing-masing dalam kehidupan kita. Hal yang membuat kita jatuh mengajarkan kita untuk lebih kuat lagi dan saat kita berhasil kita juga belajar untuk tetap stay humble, berbagi, dan tidak berhenti untuk meningkatkan kapasitas diri kita lagi.


Gimana kalau menurutmu?

63 tampilan2 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Subscribe

Thanks for submitting!

bottom of page